Thursday, December 13, 2018

Apa itu Edge Computing

Apa itu Edge Computing

Sudah mengenal belum teknologi Edge Computing? Jika belum yuk disimak.


Apa itu Edge Computing ?


Pernahkah Anda mendengar teknologi Edge Computing sebelumnya?
Edge Computing atau disebut sebagai Komputasi Tepi dalam Bahasa Indonesia merupakan Teknologi dimana jaringan mesh dari pusat data mikro (perangkat IoT) yang memproses atau menyimpan data penting secara lokal dan mendorong semua data yang diterima ke pusat data center atau cloud, dalam jarak kurang dari 100 kaki. Dikutip dari Perusahaan riset IDC.

Ini biasanya disebut dalam kasus Internet of Things (IoT) adalah dimana perangkat edge biasanya mengirimkan data penting dalam jumlah yang banyak dan mengirimkan semuanya ke pusat data (data center) atau cloud untuk diproses. Kemudian Edge Computing menghitung data secara lokal sehingga mengurangi aktifitas pada backhoul ke penyimpanan pusat.

Ilustrasi dari Edge Computing

Lazimnya, ini dilakukan pada perangkat IoT yang mentransferkan data ke perangkat lokal yang mencakup komputasi (computing), penyimpanan (repository), dan koneksi jaringan dalam bentuk kecil. Kemudian data tersebut diproses di tepi (yang dikenal sebagai Edge dalam Bahasa Inggris), dan semua atau sebagian dari data tadi (yang sudah diproses di tepi) dikirim ke pusat pengolahan atau penyimpanan (repository) di pusat data perusahaan (data center), co-location atau Internet as a Service (IaaS).

Mengapa Edge Computing?


Ilustrasi dari Edge Computing

Edge Computing hadir untuk memungkinkan perusahaan dalam menganalisa data secara real time. Edge Computing meliputi berbagai teknologi termasuk jaringan sensor nirkabel, data mobile, analisa tanda tangan, jaringan peer-to-peer dan komputasi grid/mesh.
Penyebaran komputasi ini sangat ideal dan efektif dalam berbagai situasi. Salah satunya ketika perangkat IoT memiliki koneksi yang buruk dan tidak efisien untuk perangkat IoT yang selalu terhubung ke pusat Cloud.

Kasus penggunaan yang lain berkaitan dengan pemrosesan informasi yang sensitif terhadap latensi salah satunya yaitu Edge Computing berhasil mengurangi latensi karena data tidak harus melintasi jaringan ke pusat data atau cloud untuk diproses. Ini sangat ideal untuk situasi di mana latensi milidetik tidak dapat dipertahankan, seperti dalam layanan keuangan atau manufaktur.

Data tersebut tidak perlu dikirim melalui jaringan segera setelah dibuat, jadi alih-alih sistem edge computing lokal mengumpulkan data dan mengirimkan laporan harian ke pusat data pusat atau cloud untuk penyimpanan jangka panjang. Dengan hanya mengirim data penting melalui jaringan, sistem ini mengurangi data yang melintasi jaringan.

Ada dua model Edge Computing berkemampuan Cloud:
  1. Menginstalasi program di perangkat IoT sehingga dapat menangani komunikasi, menyimpan  data dari sensor, dan sinkronisasi.
  2. Memperpanjang cloud ke banyak lokasi point-of-presence (PoP). Disediakan dan didistribusikan ke berbagai lokasi Edge.

Manfaat dari Edge Computing:

  • Secara signifikan menurunkan volume, lalu lintas dan jarak data sehingga mengurangi biaya transmisi, menyusutnya latency, dan meningkatkan kualitas layanan.
  • Mengurangi lingkungan komputasi inti, menghilangkan hambatan utama dan kegagalan.
  • Keamanan meningkat karena data dienkripsi saat menuju inti jaringan. Data diperiksa saat melewati firewall, di mana virus, kesalahan data, dan cracker dapat ditangkap sejak dini.
  • Kemampuan untuk virtualisasi memperluas skalabilitas. Penggunanya adalah perusahaan yang menginginkan skala linier kinerja aplikasi terhadap pertumbuhan basis pelanggan.
  • Pemenuhan kebutuhan analisis yang cepat, misalnya untuk memeriksa kinerja mesin.

Berikut ini adalah penjelasan lebih mengenai Edge Computing.


Gimana? Lebih menarik bukan artikel tentang Apa itu Edge Computing? Nah, jangan lupa untuk sering-sering bermain ke blog ini. Kami berharap dapat terus menyediakan konten yang berkualitas dan mudah dipahami untuk anda sekalian. Jangan lupa bagikan artikel Apa itu Edge Computing ini ke teman anda juga. Semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat untuk diri kami pribadi, dan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jika ada hal yang membingungkan atau yang membuat anda ragu, kotak komentar telah kami sediakan untuk anda yang bertanya.

Artikel Terkait

Rajin menulis dan membaca. Jangan habiskan waktu untuk bermain. Berkaryalah selagi muda.

Berikan pertanyaan maupun tanggapan sesuai topik diatas pada kotak komentar dibawah ini

Gunakan EmotikonTutup Emotikon