Wednesday, December 12, 2018

Kenapa Memilih Domain .id

Kenapa Memilih Domain .id

Berikut Adalah Statement Kenapa Memilih Domain .id, dan Harus Pakai Domain .id? Yuk Disimak.
Tahukah anda apa itu Domain? dilansir dari Wikipedia Indonesia bahwa Domain atau Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya wikipedia.org. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.


Seberapa pentingkah Domain?

Bisa dibilang menggunakan Domain sangat-sangatlah penting. Mengapa? Pernahkah anda mengunjungi suatu situs yang tidak menggunakan Domain akan tetapi malah menggunakan IP? (misalnya: 156.291.99.1). Ingatkah anda dengan situs tersebut? Jika iya seberapa sering anda mengunjungi situs tersebut menggunakan IP? Jika jarang, dapatkah anda mengetik url situs tersebut di adress bar pada browser anda? Hahaha pastinya ribet kan. Nah disitulah penggunaan Domain sangatlah penting dan dibutuhkan. Selain untuk mengidentifikasi situs kita, kita juga lebih dimudahkan dan diuntungkan dengan adanya domain.

Gambar Bangga Pakai .id

Tahukah anda perbedaan domain .id dengan domain TLD (Top Level Domain) yang lain? Berikut perbedaannya:
  • Pengelolaan
    • Domain .id adalah domain yang dikeluarkan oleh pengelola domain Indonesia, atau yang dikenal dengan PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). Domain ini memang khusus diciptakan dan ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang mempunyai situs web. Sedangkan domain dengan TLD yang lain adalah domain yang dikeluarkan oleh pengelola yang lain juga. Misal Domain .com yang dikelola oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers)
  • Hak Kepemilikan
    • Untuk hak kepemilikan, Domain .id hanya boleh dimiliki oleh warga negara Indonesia saja. Bukan hanya itu, domain .id memiliki tingkat profesionalitas tinggi dalam penggunaannya, sehingga hanya beberapa pihak saja yang bisa dan boleh menggunakan ekstensi domain ini. Sedangkan domain lain yang bukan TLD nasional, seperti .com atau .xyz dan sebagainya boleh dimiliki oleh siapa saja yang memiliki situs web tanpa terkecuali.
  • Cara Kepemilikan
    • Ada begitu banyak provider hosting yang menyediakan atau menjadi perantara penjualan domain untuk situs web. Itu sebabnya Anda bisa membeli domain dimana saja dan kapan saja yang Anda inginkan. Contohnya ketika anda ingin membeli domain .id maka anda perlu melakukan pembayaran dengan metode bank yang sudah di tentukan oleh penjual domain tersebut.
  • Syarat Pembelian
    • Pembelian domain tingkat kedua seperti .co.id, .net.id dan sebagainya. Pengguna harus melengkapi data dan memenuhi segala persayaratan yang dibutuhkan dan dijelaskan oleh penyedia domain tersebut. Misalnya untuk domain .co.id, pengguna harus melampirkan nomor SIUP atau NPWP perusahaan.Sekarang pembelian domain Anything.id tidak membutuhkan syarat-syarat tersebut.
Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia, Bangga Menggunakan Produk Negara Indonesia, Bangga Menjadi Penggerak Masa Depan Negara Indonesia.
Setelah mengetahui perbedaan domain lain dengan .id berikut statement Kenapa harus harus menggunakan domain .ID?

Bangga Bisa Menggunakan Produk Lokal

  • Menunjukan Kecintaan Pada Tanah Air
    • Jadi Domain .id sangat kental sekali dengan identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Dengan menggunakan Domain .id, kita sebagai warga negara Indonesia sudah membuktikan cinta tanah air dengan menggunakan produk lokal (buatan anak bangsa).
  • Lebih Aman dan Terpercaya
    • Hal ini juga di sampaikan oleh Menkominfo serta Ketua Bidang Hukum dan Regulasi Desk Cyber Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Edmon Makarim yang mengatakan untuk meminta masyarakat meningkatkan kesadaran agar menggunakan domain Anything.id yang lebih kredibel dan terverifikasi.
  • Akses Lebih Cepat
    • Jika Anda menggunakan hosting yang berada di Indonesia, maka menggunakan domain .id akan mempercepat akses website Anda. Hal ini dikarenakan server DNS domain .id lebih cepat ketika menghubungi server yang ada di Indonesia lantaran tidak perlu untuk menggunakan bandwidth ke luar negeri.
  • Seo Friendly
    • Jika dipandang dari segi SEO juga memberikan benefit lebih terkait penggunaan Domain lokal yang aksesnya bisa lebih cepat dan lebih dipercaya. Hal ini bisa kita ketahui setelah dilakukan uji coba yang ternyata ditemukan bahwa kata kunci yang digunakan oleh website dengan domain .id lebih unggul dari situs lainnya, ditambah lagi skill SEO anda yang mumpuni maka sangat sekali mesin pencari akan menempatkan situs anda di paling pertama dari jajaran situs terkenal di Idnonesia.
  • Terhindar Dari Konten Negatif dan Pemblokiran Situs
    • Dengan menggunakan Domain .id, maka situs web anda bisa dikatakan bebas dari pembelokiran. Sebab jika semisalnya ada hal yang tidak benar atau melanggar ketentuan maka pengguna tersebut bisa langsung dihubungi oleh pengelola domain jika situsnya memuat konten-konten negatif. Jika kontennya negatif namun bukan pornografi atau mungkin perjudian, biasanya pengelola domain akan memberikan waktu lima hari kepada pemilik situs untuk menghapus konten yang bermasalah tersebut.

Selain  dari lima manfaat dan pentingnya domain.id di atas, masih banyak kelebihan lain yang tentu akan sangat menguntungkan.

Maka dari itu sudah sepatutnya kita untuk memilih dan membeli domain .id.

Semoga artikel Kenapa Memilih Domain .id atau Harus Pakai Domain .id ini bisa membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan domain kebanggaan bangsa Indonesia ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan, anda bisa meninggalkan atau menulis komentar pada kotak yang sudah disediakan.

Artikel Terkait

1 comments pertama

thanks atas penjelasannya gan

Berikan pertanyaan maupun tanggapan sesuai topik diatas pada kotak komentar dibawah ini

Gunakan EmotikonTutup Emotikon