Peraturan Permainan BAVOS

Permainan BAVOS, dimainkan dengan cara dan peraturan yang telah dikombinasikan dari ketiga jenis permainan bola besar. Peraturan yang diterapkan masih sederhana dengan harapan mudah untuk dipahami oleh pemain ketika bermain. Peraturan dalam permainan BAVOS adalah :

a)   Jumlah pemain
1. Permainan BAVOS dimainkan oleh 2 tim.
2. Setiap tim terdiri dari 4 sampai 6 pemain
3. Jumlah   pemain   dalam   permainan   BAVOS disesuaikan dengan luas lapangan permainan yang digunakan.
4. Setiap  tim  terdiri  dari   empat   pemain  (bila
menggunakan lapangan bola voli).
5. Setiap   tim   terdiri   dari   lima   pemain   (bila menggunakan lapangan bola basket).
6. Setiap   tim   terdiri   dari   enam   pemain   (bila
menggunakan lapangan sepakbola).

b)  Perlengkapan pemain
1. Memakai baju olahraga
2. Memakai celana olahraga pendek
3. Memakai kaos kaki
4. Memakai sepatu olahraga

c)  Waktu bermain dan Permulaan Permainan
1. Permainan BAVOS terdiri dari 2 babak di mana setiap babak dimainkan selama 10 menit.
2. Permulaan  permainan  dimulai  dari  area  bola
voli. Dua pemain berada di area bola voli dansalah satu melakukan lemparan, pemain lainnya melakukan passing bola voli (passing bawah maupun passing  atas) yang diarahkan kepada peserta didik satu tim yang berada pada area sepakbola maupun area bola basket.
3. Permulaan     permainan     dilakukan     dengan ketentuan jika tim yang melakukan permulaan permainan berada di area bola voli maka tim lawan tidak boleh berada pada area yang sama (area bola voli).
4. Permulaan   permainan   dilakukan   bergantian
hingga  semua  pemain  dalam  satu  tim melakukan permulaan permainan kemudian kembali lagi pada orang pertama untuk kesempatan kedua melakukan permulaan permainan dan seterusnya.
5.  Jika tercipta poin, maka permainan dihentikan dan dimulai kembali melalui permulaan permainan oleh tim yang kemasukan bola (ke gawang maupun ring)
6. Setiap tim yang berhasil mencetak poin maka diberi nilai (skor) 1, baik poin yang tercipta melalui   gawang   maupun   ring   pada   target sasaran yang ada.
7. Letak area permulaan permainan BAVOS dapat dijelaskan melalui gambar berikut ini :

d)  Wasit
1. Permainan  BAVOS  dipimpin  oleh  dua  orang wasit.
2. Wasit mempunyai wewenang untuk mengawasi jalannya permainan.
3. Wasit  bertugas  untuk  memimpin  permainan
yang sedang dimainkan.
4. Wasit berada di samping lapangan yaitu di area kanan dan kiri lapangan permainan BAVOS.

e)  Tembakan Hadiah
1. Pemain   yang   melakukan   pelanggaran   akan dikenakan tembakan hadiah untuk tim lawan. Hadiahnya berupa tembakan ke target sasaran (gawang  atau  ring). Adapun jenis pelanggaran yang dilakukan akan dijelaskan sebagai berikut:
 Area permainan bola basket
 Setiap    pemain    tidak    diperbolehkan mendorong,  memukul,  menarik,  menjegal dan kontak fisik yang merugikan pemain lawan. 

Setiap pemain tidak boleh mengontrol atau menendang bola dengan bagian kaki (bola tersentuh kaki)
  Setiap pemain tidak boleh membawa bola tanpa (dribble) melebihi 3 langkah
   Apabila poin 1, 2, 3 di atas dilanggar pada area pertahanan lawan maka terjadi foul dan bola akan diberikan kepada tim lawan, dan tim lawan mendapat hadiah berupa tembakan bebas (passing bola basket) dari tempat terjadinya pelanggaran
   Apabila poin 1, 2, 3 di atas dilanggar pada area  pertahanan  sendiri  maka  terjadi  foul dan tim lawan mendapat hadiah berupa tembakan hadiah ke target sasaran (ring)

 Area permainan bola voli
 Setiap    pemain    tidak    diperbolehkan mendorong,  memukul,  menarik,  menjegal dan kontak fisik yang merugikan pemain lawan.
 Pemain  tidak  boleh  mengontrol  atau menendang bola dengan bagian kaki (bola tersentuh kaki) atau menggiring (driblle) bola pada area bola voli
 Tidak  boleh  memantul-mantulkan  bola (passing)  melebihi  1  kali  kesempatan sebelum menyentuh kawan atau lawan
   Apabila poin 1, 2, 3 di atas dilanggar maka akan terjadi foul   dan tim lawan mendapat hadiah berupa tembakan bebas (servis bola voli) dari tempat terjadinya pelanggaran 

Area permainan sepakbola
 Setiap    pemain    tidak    diperbolehkan mendorong,  memukul,  menarik,  menjegal dan kontak fisik yang merugikan peserta didik lawan.
 Pemain  tidak  boleh  mengontrol  atau memegang bola dengan bagian tangan (bola tersentuh tangan)
 Tidak  boleh  membawa  bola  (dribble) menggunakan tangan dan hanya diperbolehkan menggunakan kaki

   Apabila poin 1, 2, 3 di atas dilanggar pada area pertahanan lawan maka terjadi foul dan bola akan diberikan kepada tim lawan, dan tim lawan mendapat hadiah berupa tembakan bebas (passing sepakbola) dari tempat terjadinya pelanggaran
   Apabila poin 1, 2, 3 di atas dilanggar pada area  pertahanan  sendiri  maka  terjadi  foul dan tim lawan mendapat hadiah berupa tembakan hadiah ke target sasaran (gawang)
2. Tembakan hadiah dilakukan pada jarak 5 meter dari garis belakang target sasaran
3. Setiap  tim  mempunyai  satu  titik  tembakan hadiah di mana target sasaran disesuaikan dengan area di mana terjadinya pelanggaran.
4. Pemain   yang   sudah   melakukan   tembakan hadiah tidak boleh melakukan tembakan hadiah lagi sebelum teman satu tim sudah melakukan semua (pemain bergantian). 

Postingan terkait: